Senin, 23 Juli 2007

Syeikh Abdullah Awad dan Syeikh Mahir Imam baru Masjidil Haram

Selasa, 17 Juli 2007

Raja Arab Saudi, Abdullah Bin Abdul Aziz, mengangkat imam baru Masjidil Haram. Mereka adalah Syeikh Abdullah Awad dan Syeikh Mahir Ibn Hamad Al-Muayqali

Hidayatullah.com-- Pengangkatan Syeikh Abdullah Awad Al-Johani dan Syeikh Mahir Ibn Hamad Al-Muayqali, sebagai imam besar baru Masjidil Haram di Mekah dilakukan Raja Arab Saudi Abdullah Bin Abdul Aziz, Kamis (12/7) lalu.

Kedua imam baru itu sebelumnya memimpin shalat tarawih pada bulan Ramadhan lalu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Demikian dilansir kantor berita Arab Saudi, SPA, Jumat (13/7).

Kedua masjid suci itu menyaksikan sejumlah proyek pengembangan dalam dua tahun terakhir sejak Raja Abdullah menduduki tahtanya menggantikan almarhum Raja Fahd Bin Abdul Azis.

Raja Abdullah memiliki kapasitas menunjuk imam besar karena salah satu gelar yang disandangnya, yakni Khadimul Haramain Al-Syarifain yang berarti pelayan dua masjid suci, Masjidil Haram, Mekah, dan Masjid Nabawi, Madinah.

Wakil Pemimpin Umum Urusan Masjidil Haram Muhammad Al-Khozaim mengatakan, Raja Abdullah telah mengalokasikan 10 miliar riyal (sekitar tiga miliar dolar AS) atau sekitar Rp 27 triliun untuk pembangunan menyeluruh Masjidil Haram, dan tempat-tempat suci di Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

Untuk tahun ini, pengurus Masjidil Haram telah melaksanakan beberapa proyek pengembangan itu senilai 1,2 miliar riyal.

Proyek-proyek tersebut tujuannya untuk memelihara keselamatan dan memberikan kenyamanan bagi jamaah haji dan umrah, mencakup pembaruan sistem pembersihan masjid, perbaikan kiswah Ka’bah (kain penutup Ka’bah), perabot-perabot baru, dan papan penunjuk arah jalan.

Selain itu, diadakan pula beberapa eskalator luas menuju ke halte bus di bundaran utara.

Sementara itu, Raja Abdullah juga memerintahkan perluasan pembangunan areal antara Safa dan Marwah serta pengadaan alat pendingin (AC) di seluruh ruangan masjid. [tt/hid/www.hidayatullah.com]

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda